Makanan dan Jajanan khas Tuban

Hasil gambar untuk TUBAN JATIM
Masjid Agung Tuban, Jawa Timur


5 Makanan dan Jajanan KHAS TUBAN


Makanan merupakan kebutuhan pangan untuk setiap makhluk hidup baik manusia, hewan , ataupun tumbuhan. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi makanan untuk kalian pecinta travelling, penjelajah kuliner, dan semuanya. Tentunya tidak ketinggalan tempat kuliner kita kali ini cukup menarik yaitu di Kota Wali. Ada yang sudah kenal dengan kota ini?. Tuban, Jawa Timur ialah bukti sejarah perjuangan para wali dan pejuang lainnya dalam menjaga keutuhan NKRI. Tidak banyak kata berikut adalah makanan dan jajanan khas TUBAN, JAWA TIMUR.


1. KARE RAJUNGAN

Hasil gambar untuk kare rajungan kepiting
 Hewan laut yang dimaksud adalah kepiting rajungan. Rajungan merupakan hewan laut yang mirip dengan kepiting, di Tuban rajungan di masak dengan kuah kare.

Makanan khas tuban yang satu ini terkenal dengan rasa pedasnya, bagi anda yang suka makan pedas silahkan cicipi kare rajungan ini, makanan khas tuban Kare Rajungan ini terbuat dari bahan dasar rajungan yang di olah dengan bumbu khas, bumbu dasar yang di gunakan daun salam, batang sereh, laos, santan, air asam, semua di masak dan rajungan di masukan hingga bumbu meresap. Kemudian kare rajungan siap di sajikan.

2. BECEK MENTHOK

Hasil gambar untuk becek menthok


Makanan khas yang satu ini terlihat mirip seperti kare. Memiliki kuah yang sangat banyak dengan tekstur kental. Daging menthok juga menjadi salah satu makanan andalan Tuban.
Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging menthok yang di bumbui dengan racikan bumbu yang khas sehingga menciptakan makanan dengan cita rasa yang luar biasa.

3. GARANG ASEM
Hasil gambar untuk garang asem

Bumbu rempah yang di gunakan merica, jintan, bawang merah, bawang putih, mesoyi , daun salam, daun jeruk purut, serai , tomat, santan, dan taburan rajangan daun bawang.
Garang Asem sendiri merupakan olahan makanan yang berbahan dasar ayam yang diberi kuah santan. Garang Asem ini dibungkus dengan daun pisang pada saat dimasak. Selain itu Garang Asem ini juga memiliki cita rasa asam serta pedas yang sangat menyatu.

Garang Asem yang terdapat di Kota Tuban ini memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan Garang Asem pada umumnya. Ciri yang sangat khas pada garang asam khas Tuban ini adalah kuahnya yang bening, banyak, dan segar tentunya.

Selain itu ciri-ciri Garang Asem khas Tuban ini adalah daging ayamnya yang berasal dari daging ayam kampung yang diolah dengan cara tertentu sehingga menghasilkan daging yang sangat empuk.

4. GEMBLONG

Hasil gambar untuk gemblong

Gemblong merupakan salah satu jenis kue tradisional yang termasuk dalam jajanan pasar. Untuk Anda yang hobi makan makanan manis jangan sampai melewatkan jajanan ini.

Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. Adonan yang sudah berbentuk seperti bola kemudian digoreng hingga matang. Setelah matang Gemblong lalu didinginkan sebelum dilapisi dengan larutan gula aren.

5. DUMBEG
Hasil gambar untuk dumbeg
Dumbeg terbuat dari tepung beras , santan, dan gula jawa (biasanya juga ditambah irisan kelapa atau irisan nangka). Makanan ini digunakan suguhan ketika ada Sedekah Bumi. Bungkus dumbeg dibuat dari daun lontar atau janur yang dibentuk seperti trompèt (kerucut).


Selamat berkunujung di KOTA TUBAN dan menikmati kuliner khas Tuban.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi untuk BUMI

Cara Membuat Nasi Goreng dan Sejarahnya