Pengertian, Dampak, dan Cara Mencegah Pemanasan Global

Pemanasan global adalah masalah perubahan iklim  dengan naiknya suhu bumi. Kenaikan suhu inti bumi membuat lapisan ozon yang menyelimuti bumi kian hari kian menipis.  kemudian berpengaruh pada perubahan cuaca, udara, sumber air, dan lain sebagainya.

Sinar matahari masuk menembus ke bumi melalui lapisan ozon. Normalnya, lapisan ini bertindak sebagai penyaring yang mampu meredam besarnya energi radioaktif yang dipancarkan oleh gelombang sinar ultraviolet matahari tersebut.

Sebab sebesar 99% sinar matahari memang mampu ditahan oleh lapisan ozon. Dengan kata lain, hanya 1% saja pancaran sinar matahari yang mencapai bumi. Penyaringan sinar ultraviolet matahari oleh lapisan ozon ini sangat dibutuhkan bagi kesehatan manusia dan kelangsungan kehidupan di bumi.

4 Dampak dari Pemanasan Global antara lain sebagai berikut.

1. Kekeringan
Ketika suatu lahan tanah mengalami degradasi, otomatis tanah tersebut menjadi tidak lagi produktif atau subur untuk digunakan sebagaimana mestinya. Akibatnya, luas lahan yang seharusnya masih dapat digunakan untuk kepentingan manusia, seperti pertanian, bercocok tanam, dan pengairan pun menjadi lebih terbatas.

2. Penyebar virus penyakit
Peningkatan suhu panas dan curah hujan, khususnya di Indonesia, merupakan beberapa perubahan yang diakibatkan oleh iklim. Perubahan cuaca yang serba terjadi tiba-tiba inilah dapat menjadi sasaran empuk bagi virus penyebab penyakit untuk tumbuh dan menyebar.

3. Muncul penyakit terkait panas
Pemanasan global berisiko menimbulkan penyakit yang berhubungan dengan panas, seperti heat stroke dan heat exhaustion. Penyakit ini terjadi karena peningkatan suhu panas

4. Gangguan pernapasan
Asma adalah salah satu gangguan pernapasan sebagai dampak pemanasan global.


Cara Mencegah Pemanasan Global yaitu :

1. Gerakan Go Green dan pelestarian lingkungan untuk mencegah dampak pemanasan global yang telah membuahkan hasil positif.

2. Membatasi penggunaan kendaraan pribadi, kemudian beralih ke angkutan umum. hal tersebut akan lebih membatasi pencermana lingkungan akibat karbon dioksida dan karbon monoksida.

3. Anda juga bisa meminimalkan penggunaan plastik, sehingga tidak akan menambah jumlah limbah di bumi. Cara ini akan lebih menghemat energi yang dibutuhkan untuk mendaur ulang.

4.Jangan lupa juga untuk lebih peka terhadap lingkungan dengan menanam, merawat, dan menjaga tanaman.

5. Pastikan juga untuk tetap menggunakan sunblock dengan SPF minimal 35, terutama bila Anda sering beraktivitas di luar ruangan. 6. jauhi diri dari paparan terhadap sinar matahari terutama pada siang hari.

Semoga bermanfaat.Jangan lupa tinggalkan saran dan komentar yang membangun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makanan dan Jajanan khas Tuban

Puisi untuk BUMI

Cara Membuat Nasi Goreng dan Sejarahnya